Fakta Menyusui dan Pemberian makan bayi

  • 5 July 2013
  • 1,419 view
Fakta Menyusui dan Pemberian makan bayi Ibu Menyusui - republika.co.id

Menurut WHO standar emas makanan pada bayi adalah: ASI eksklusif untuk bayi 0-6 bulan, ASI dan makanan pendamping ASI berupa makanan peralihan menuju menu keluarga untuk usia 6-12 bulan, makanan keluarga dan ASI untuk usia 1 tahun hingga 2 tahun bahkan lebih.

Inisiasi Menyusu Dini (IMD) menguntungkan ibu dan bayi baru lahir. Untuk bayi, IMD mengurangi risiko hipotermia, hipoglikemia, memberikan kesempatan bayi untuk segera meneguk kolostrum (ASI terbaik sepanjang hidupnya), meningkatkan kekebatalan tubuhnya dan lebih menjamin keberhasilan  menyusui. Sedang untuk ibu, IMD membantu mempercepat berhentinya perdarahan pasca persalinan, mengurangi rasa sakit dalam persalinan, menurunkan tekanan darah tinggi yang terjadi dalam kehamilan/persalinan dan mengurangi risiko terjadinya baby blues / depresi pasca melahirkan.

Rawat gabung (ibu dan bayi baru lahir yang sehat dirawat dalam 1 kamar selama 24 jam) adalah prosedur standar yang harus dilakukan rumah sakit/ rumah bersalin.  Rawat gabung terbukti meningkatkan keberhasilan ASI eksklusif dan menurunkan tingkat depresi pada ibu pasca melahirkan.

ASI yang keluar pada hari-hari pertama setelah bayi lahir (kolostrum) adalah ASI terbaik sepanjang hidup bayi karena mengandung zat pelindung yang tidak ada tandingannya didunia ini. Jumlahnya amat sedikit (30 – 60 ml / 24jam) dan masanya amat singkat (0-5 hari pertama setelah bersalin). Jangan sampai cairan yang amat berharga ini terganti oleh susu sapi atau cairan lainnya.  Kolostrum telah ada sejak kehamilan 16 minggu, yakinlah bahwa kolostrum pasti mengalir walau seringkali tidak terasa karna jumlah nya yang masih amat sedikit.

Menyusui bukan sekedar member zat gizi pada anak kita, tetapi juga member imunisasi, nutrisi dan stimulasi pada saat yang sama.

Tahukah anda ASI mengandung lebih dari 400 zat gizi, sementara susu formula hanya mengandung 40 zat gizi. Semua susu formula dibuat dengan mencoba meniru apa yang ada di dalam ASI, namun dengan teknologi  yang canggih dan mahal sekalipun hingga saat ini tidak ada satu pun susu formula yang mampu menandingi ASI.

Menyusui menghindarkan ibu dari risiko kanker payudara, kanker indung telur, osteoporosis dan diabetes mellitus.

Menyusui menghindakan bayi dari kelainan pertumbuhan rahang dan gigi.

AA dan DHA yang diklaim ada pada susu formula dibuat dari ganggang laut dan dalam bentuk yang sulit dimetabolisme oleh tubuh dan telah dilarang oleh Badan POM sejak 2008. AA dan DHA yang ada di ASI berada dalam bentuk yang siap untuk digunakan oleh bayi kita untuk member manfaat yang sempurna pada mata dan otak anak.

ASI mengurangi risiko terjadinya infeksi saluran napas, diare, konstipasi, penyakit alergi, diabetes mellitus, infeksi telinga, penyakit jantung dan kanker pada anak kita.

ASI dapat diperah dan disimpan, sehingga sesibuk apapun sang ibu, hak bayi untuk mendapatkan ASI dapat terpenuhi.  ASI idealnya disimpan dalam botol kaca ukuran kecil dengan tutup rapat (90-120 ml), dapat digunakan botol bekas selai atau botol bekas minuman energi/vitamin.  Dalam suhu kamar (22-250C) ASI tahan 4 jam, dalam cooler box ASI tahan 24 jam, dalam kulkas ASI tahan hingga 48 jam, dalam freezer kulkas 1 pintu ASI tahan 2 minggu dan dalam freezer kulkas 2 pintu ASI tahan 2-3bulan.

Menurut WHO susu formula hanya boleh diberikan atas indikasi medis yang amat kuat dan cermat. Pemberiansusu formula tanpa indikasi medis yang sungguh kuat adalah pelanggaran hak anak.

ASI diciptakan spesifik untuk tiap bayi tiap spesies. Tiap mahluk mamalia diciptakan untuk dapat menyusui bayinya agar bayi mendapat makanan sempurna diawal kehidupannya. Ibu orang utan menyusui bayi orang utan, ibu kucing menyusui bayi kucing, ibu sapi menyusui bayi sapi.  Jika para ibu hewan-hewan ini menyusui bayinya masing2, karena ASI mereka sempurna untuk anak-anak mereka.

Komposisi ASI berubah-ubah setiap saat sesuai dengan kondisi fisik, pertumbuhan dan perkembangan bayi. Bisakan susu formula secanggih ini?

Semua ibu mampu memenuhi kebutuhan bayi akan ASI. ASI diproduksi berdasarkan azas demand dan suplai. Semakin ragu ibu akan volume ASInya semakin kurang ibu menyusui maka akan semakin sedikit ASI yang dihasilkan.  Semakin sering ibu menyusui, semakin banyak volume ASI yang dihasilkan. Ibu dari bayi kembar 3 pun dapat memberikan ASI eksklusif selama 6 bulan. Diabisa, kita pun bisa.

Bayi premature yang mendapatkan ASI eksklusiftumbuhlebihsehatdanlebihbaikdaripadabayi premature yang diberikansusu formula khususbayi premature.

ASI bebas dari kontaminasi bakteri maupun melanin seperti yang terjadipadasusu formula beberapawaktu yang lalu.

Pada banyak penelitian, bayi yang menyusu terbukti memiliki rata-rata kecerdasan yang lebih tinggi dari pada bayi yang diberikan susu formula. Menyusui merangsang banyak otot dan indera yang mampu mengoptimalkan perkembangan otak bayi sejak dilahirkan.

Ditulis oleh: admin
Kami adalah yayasan non profit yang bergerak di edukasi pemberian nutrisi bayi dan anak sejak lahir hingga usia 2 tahun

Konten Terkait