Percepatan Pertumbuhan (Growth Spurt)

  • 7 Juli 2013
  • 3,227 views
Percepatan Pertumbuhan (Growth Spurt) Bayi Menangis - wikipedia.org

Bayi akan mengalami percepatan pertumbuhan atau growth spurt selama 12 bulan pertama hidupnya. Selama masa itu bayi ASI akan menyusu lebih sering terkadang sampai setiap jam dan lebih rewel dari biasanya. Bayi akan tampak seolah “tidak puas” saat menyusu dan rewel saat menyusu. hal ini terjadi karena bayi merasa ASI belum mencukupi kebutuhannya yang meningkat, dan produksi ASI belum bisa mengimbangi kebutuhannya.Fase ini berlangsung sementara dan berulang, yang berlangsung antara 2 – 3 hari namun bisa juga terjadi sampai 1 minggu. Ini adalah wajar, karena bayi harus tumbuh dan berkembang, maka kebutuhan pun meningkat. Pada 6 bulan pertama bayi mengalami percepatan pertumbuhan di usia 7-10 hari, 2-3 minggu, 4-6 minggu, 3 bulan, 4 bulan, 6 bulan, dan berikutnya pada usia bayi 9 bulan (kurang lebih). Waktu yang tepat untuk melihat kapan pastinya terjadi percepatan pertumbuhan sulit ditentukan, memperhatikan perubahan pada sikap bayi, dan perilakunya dapat membantu menganalisa tanda mungkin bayi kita masuk pada fase ini. Percepatan pertumbuhan juga tidak berhenti di usia 1 tahun, kebanyakan ibu menemukan fase ini beberapa bulan selama masa balita dan beberapa periode saat remaja.

Bayi sering menunjukkan sikap yg sama pada masa ini, yaitu menyusu lebih sering yang kadang kala disertai rewel. Pertumbuhan fisik, bukanlah sebab utama terjadinya peningkatan kebutuhan,kemampuan bayi untuk berguling, merangkak, berjalan, bicara dan lain-lain juga bisa menjadi penyebabnya.

Pada periode ASI Eksklusif, hal yang sebaiknya kita lakukan adalah mengikuti keinginan bayi. Bayi akan menyusu lebih sering dan sebagai responsnya payudara juga akan mengeluarkan ASI lebih banyak sesuai dengan kebutuhan bayi. Pemberian susu formula tidak direkomendasikan, karena justru akan menghalangi bayi merangsang produksi ASI yang bersifat “Supply Meet Demand”.

Pantau kenaikan berat badan bayi, dan frekwensi buang air kecilnya. Kenaikan berat badan bayi mengikuti kurva referensi, dan buang air kecilnya lebih dari 6 kali dalam sehari, maka bayi mendapat semua kebutuhannya melalui ASI.

Beberapa ibu menyusui mengalami rasa haus dan lapar yang lebih saat bayi mengalami growth spurt, dengarkan dan ikutilah tubuh ibu. Jika ibu perlu minum atau makan lebih banyak maka lakukan, selama tidak berlebihan, agar fisik ibu tetap sehat.

original source: anakasisehat.com

Ditulis oleh: Admin GIM
Kami adalah yayasan non profit yang bergerak di edukasi pemberian nutrisi bayi dan anak sejak lahir hingga usia 2 tahun