Anatomi Payudara Menyusui : Bagaimana ASI diproduksi?

  • 6 Juli 2013
  • 11,176 views
Anatomi Payudara Menyusui : Bagaimana ASI diproduksi? Anatomi payudara

Bagian dari luar payudara kita dapat melihat puting dan kulit berwarna gelap di sekelilingnya yang disebut areola. Pada areola ada kelenjar-kelenjar kecil yang disebut kelenjar Montgomery, yang mengeluarkan cairan berminyak untuk menjaga kulit tetap sehat.

Baca juga: Variasi Jenis ASI

Masuk ke bagian dalam, di dalam puting dan areola ada saluran ASI yang disebut ductus, berfungsi untuk mengalirkan ASI, terdapat banyak saluran ASI, yang mana semuanya bergabung dan membentuk 7 – 10 saluran yang menuju putting.

Ilustrasi anatomi payudara menyusui
Ilustrasi anatomi payudara menyusui

Diujung saluran terdapat tempat memproduksi ASI yang disebut alveoli, berbentuk kantong-kantong kecil terdiri dari sel-sel pembuat ASI, ada jutaan alveoli dalam payudara.

Alveoli dikelilingi oleh sel-sel otot. hormon prolaktin membuat sel alveoli memproduksi ASI. Sedangkan oksitosin membuat sel-sel otot yang mengelilingi alveoli berkontraksi dan mengalirkan ASI ke ductus.

Baca juga: Bagaimana ASI Diproduksi?

Alveoli dan ductus ini dikelilingi jaringan penyangga, atau ligaments, dan lemak. Lemak ini, serta jaringan lainnyalah yang memberi payudara bentuk, sehingga membuat bentuk payudara berbeda-beda, ada yang besar, kecil, dan lain-lain.

Baca juga: Kapan ASI Mulai Diproduksi?

Tidak ada perbedaan jaringan kelenjar ASI dalam payudara, baik kecil maupun besarnya payudara, bagaimanapun ukuran payudara mampu menghasilkan banyak ASI apabila bayi dibiarkan menyusu semau bayi.

Ditulis oleh: dr. Uthie
Seorang dokter umum dan relawan Gema Indonesia Menyusui (GIM), salah satu pengurus harian GIM.

Konten Terkait