Perlukah ibu yang ingin menyusui bayi melakukan persiapan mental dan fisik?

  • 5 Juli 2013
  • 967 views
Perlukah ibu yang ingin menyusui bayi melakukan persiapan mental dan fisik? Ibu Menyusui - republika.co.id

Perlukah ibu yang ingin menyusui bayi melakukan persiapan mental dan fisik? Jika perlu, seperti apakah persiapan mental dan fisik tersebut? Persiapan mental dan fisik bagi ibu dan (keluarga) sangat diperlukan, karena kehamilan dan persalinan memerlukan kesehatan fisik yang optimal.

Selain itu kedatangan bayi dalam keluarga membutuhkan persiapan mental yang optimal, sehingga ibu, keluarga dan suami dapat beradaptasi dengan keadaan baru tersebut. begitu juga dengan keberhasilan menyusui, begitu erat dipengaruhi oleh keadaan jasmani dan rohani ibu.

Persiapan mental ibu diperlukan saat atau sebelum kehamilan, misalnya: dengan membaca literatur menyusui, sharing dengan konselor ASI, berdiskusi dengan suami, dan keluarga sehingga mereka memahami dan mendukung pemberian ASI. Tidak kalah penting juga berdiskusi dengan tenaga kesehatan yang akan membantu persalinan, agar mereka dapat ikut andil mendukung ibu untuk menyusui. Hal itu semua dapat meningkatkan PD ibu untuk persiapan menyusui.

Selain secara mental, secara fisik pun ibu sebaiknya mempersiapkan dengan baik, kita tahu bahwa apapun makanan ibu saat menyusui kualitas ASI akan tetap baik, tetapi pembentukan ASI membutuhkan nutrisi selain mengambil zat gizi dari cadangan di tubuh ibu. Makanan yang seimbang dan tidak berlebih saat hamil dan menyusui akan menjaga status gizi ibu tetap baik dan membantu produksi ASI dengan kualitas dan kuantitas yang baik bagi bayi.

Fisik yang sehat juga akan membantu ibu menjadi lebih nyaman menyusui. Menjaga kesehatan, mengkonsumsi obat yang rasional, memberi imunisasi, dan rutin memeriksakan kesehatan dan kehamilannya pada petugas kesehatan dapat membantu ibu menjadi lebih siap secara fisik.

Ditulis oleh: Admin GIM
Kami adalah yayasan non profit yang bergerak di edukasi pemberian nutrisi bayi dan anak sejak lahir hingga usia 2 tahun

Konten Terkait

Agar ASI Cepat “Keluar”

“Kapankah ASI saya akan keluar?” “Bagaimana agar ASI saya cepat keluar setelah melahirkan?” Pertanyaan-pertanyaan ini