Kapan ASI Mulai Diproduksi?

  • 9 December 2019
  • 417 views
Kapan ASI Mulai Diproduksi? Ibu bersama bayi. Photo: unsplash

Kesuksesan menyusui dimulai dari bagaimana kita memahami kapan ASI mulai diproduksi, sehingga kita dapat memahami betul bahwa ternyata ASI memang istimewa, setiap fasenya selalu berubah menyesuaikan kebutuhan bayi.

Laktogenesis pertama

Proses produksi ASI berlangsung sejak hamil, Kelenjar payudara saat awal kehamilan jumlah bertambah dan ukuran membesar, pada usia kehamilan 16 minggu kelenjar payudara mulai menghasilkan kolostrum, masa ini disebut laktogenesis pertama (L1).

Kolostrum ini terdiri dari banyak protein, dan zat antibodi karena bayi berpindah dari lingkungan steril (dalam rahim) ke dunia luar yg tdk steril sehingga bayi yg baru lahir memerlukan perlindungan, Alhamdulillah…udah disiapin yaakkk :).

Baca Juga: ASI Di Awal Kelahiran

Selama hamil kolostrum tidak keluar, karena hormon kehamilan menghalangi tempat oksitosin bekerja sehingga otot yang melingkupi kelenjar payudara tidak berkontraksi, di trimester akhir jumlah tempat penerima oksitosin bertambah namun belum aktif.

Laktogenesis kedua

Ketika bayi dan plasenta lahir hormon kehamilan perlahan turun, cb kita anggap hormon kehamilan ini spt pagar yang terbuka perlahan, oksitosin adalah tamu dan penerima oksitosin adalah rumahnya. Ketika hormon kehamilan perlahan turun, oksitosin mulai menempel di penerima, penerima mulai aktif. Nah, turunnya perlahan..rata2 di hari keempat sudah turun banyak shg di hari keempat asi sudah mulai keluar.

Baca Juga: Bagaimana ASI Diproduksi

Hormon kehamilan yang turun perlahan menyebabkan oksitosin tidak langsung banyak yang bekerja, selama hamil kondisi penerima oksitosin ini tdk aktif.

Aktifkan pengeluaran kolostrum. dan ASI segera setelah lahir dengan cara:

  1. Segera payudara dihisap bayi setelah lahir melalui proses IMD
  2. Selama masa awal2 (hari ke-0 s.d hari ke-4) utamakan HANYA menyusui langsung ke payudara.

Karena hisapan mulut bayi ke puting ibu akan mengaktifkan jalur hormonal, dimana hipofisis akan mengeluarkan oksitosin dan prolaktin, lalu oksitosin akan sebabkan otot di kelenjar payudara berkontraksi, kolostrum keluar; prolaktin akan menuju sel2 di kelenjar payudara untuk produksi ASI.

Hari2 awal ini krusial sekali…masa laktogenesis kedua (L2) yg menentukan keberhasilan menyusui selama 2 tahun.

Prolaktin dan Oksitosin setelah bayi lahir perlu diaktifkan dan dikondisikan agar sesuai kebutuhan bayi nantinya.

Di masa laktogenesis kedua ini, hormon memiliki peranan penting, agar lebih paham bagaimana “mengaktifkan” dan mengkondisikan si hormon yuk kita lihat jalur kerjanya :
hisapan mulut bayi》 aktifkan oksitosin》 kontraksi otot pada kelenjar payudara 》 asi keluar 》 aktifkan prolaktin 》 kelenjar payudara produksi ASI

Jadiiiii…..penting bangeeettt bayi selama di hari2 awal ngga kenalan sama cairan prelakteal (jika tidak ada kondisi medis darurat ya), ngga kenalan sama dot.

Baca Juga: Cara Merangsang Hormon Oksitosin

Kenalkan bayi di hari awal hidupnya dengan menyusu langsung, selain bayi beradaptasi dengan menyusui juga tubuh ibu beradaptasi untuk bisa menyusui.

Kolostrum yang keluar itu berwarna kuning kental dan jumlahnya sesuaaaaiii dgn ukuran lambung bayi baru lahir yang cuma sebesar kelereng kecil, Tuhan menciptakan sesuatu bukan tanpa sebab ya :).

Kolostrum yg banyak antibodi menjadi perlindungan bayi ketika dia lahir, jumlahnya yang “sedikit” ternyataaaa sesuai dengan ukuran lambungnya. Tuhan juga berikan brown fat di tubuh bayi sebagai cadangan makanannya selama 72 jam pertama hidupnya, Maha Baik yaaa..

Lambung bayi akan membesar seiring dengan meningkatnya kemampuan bayi menghisap payudara dan munculnya ASI.
Kolostrum di hari keempat akan berubah menjadi asi transisi kemudian menjadi asi matur yang berwarna putih.

Laktogenesis ketiga

Masa laktogenesis ketiga mulai berlangsung dimana pada masa ini produksi asi berprinsip SUPPLY MEET DEMAND. Semakin sering ASI disusui ke bayi semakin banyak yg diproduksi.

Baca Juga: Bagaimana ASI Diproduksi – Hormon Prolaktin

Nah, pertanyaan “ASI saya akan keluar ngga?” sudah terjawab ya, pasti keluar dengan catatan segera disusui langsung ke payudara. Kekhawatiran lain yang sering ada “Kenapa cm merembes dan sedikit?” juga sudah terjawab ya, bahwa memang kolostrum jmlhnya disesuaikan dgn ukuran lambung bayi yang kecil. Kemudian “Kok ngga putih?” karena itu kolostrum, asi matur baru ada rata2 di hari keempat.

Ditulis oleh: dr. Gita
Seorang dokter umum dan konselor menyusui, aktif sebagai konselor menyusui sejak tahun 2010, salah satu inisiator dan pendiri GIM.